Keajaiban Al – Qur’an

Al – Qur’an Menjawab

Pertanyaan Manusia


alquran2

Segala puja dan puji bagi Allah Ta’ala yang telah menjadikan Al – Quran sebagai pedoman hidup manusia dan jin. Al – Qur’an adalah petunjuk yang menuntun ke jalan yang penuh dengan ketentraman dan kebahagiaan bagi mereka yang mau mengambil hikmah darinya. Salah satu keajaiban Al – Qur’an adalah menjadi jawaban dari berbagai macam pertanyaan – pertanyaan manusia yang seringkali menghantui pikiran dan hatinya dari berbagai persoalan – persoalan hidup. Berikut ini adalah sedikit contoh akan kebenaran tersebut.

Manusia Bertanya : Kenapa aku diuji ?
Qur’an Menjawab : Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan:”Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? (Al-Ankabuut : 2). Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta. (Al-Ankabuut : 3)

Manusia Bertanya : Kenapa aku tidak diuji saja dengan hal-hal yang baik ?
Qur’an Menjawab : ………. boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. (Al-Baqarah : 216)

Manusia Bertanya : Kenapa aku diberi ujian seberat ini?
Qur’an Menjawab : Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya………. (Al-Baqarah : 286)

Manusia Bertanya : Bolehkah aku frustrasi ?
Qur’an Menjawab : Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman. (Ali Imraan : 139)

Manusia Bertanya : Bolehkah aku berputus asa ?
Qur’an Menjawab : ………..dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir. (Yusuf : 87)

Manusia Bertanya : Bagaimana cara menghadapi ujian hidup ini?
Qur’an Menjawab : Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu beruntung. (Ali Imraan : 200) Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’. (Al-Baqarah : 45)

Manusia Bertanya : Bagaimana menguatkan hatiku?
Qur’an Menjawab : ….Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Tuhan selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakal……. (At-Taubah : 129)

Manusia Bertanya : Apa yang kudapat dari semua ujian ini?
Qur’an Menjawab : Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka………. (At-Taubah : 111)

3 Responses to “Keajaiban Al – Qur’an”


  1. 1 bob 25/03/2009 pukul 17:35

    mhn dijelaskan srt al baqoroh ayat 28, tksh

  2. 2 sujieman 25/03/2009 pukul 19:01

    manusia brasal dr sesuatu yg mati (air mani) lalu mlewati brbagai proses dlm janin,maka terciptalah sesuatu yg hidup yaitu manusia.karna sgala hal yg brasal dr yg tdk ada disbt sesuatu yg mati.prubahan dr yg tdk ada ke proses mnjdi ada inilah yg kmudian dinamakan hidup.stelah qt ada/hidup lalu qt dimatikan dan akan dihidupkan/dibangkitkan lagi di akhirat/padang mahsyar.ar-razi mngungkapkan,”ktahuilah pd dasarnya hidup adl satu nikmat.tanpa khidupan tdk ada seorg pun yg akan mndptkan kenikmatan di dunia ini.slain itu pula, pd dasarnya hidup pun mrupakan suatu knikmatan ukhrawi.tanpanya,maka tdk akan mengenal ganjaran dan balasan yg abadi.
    kpd sdr.bob,smoga brmanfaat,wallahu’alam.
    (lihat tafsir ibnu katsir 4/346).

  3. 3 abu azzam 05/04/2009 pukul 08:52

    nice post…jazakallahu khair….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Assalamu'alaikum... Terima kasih telah mengunjungi blog ane...

Translit Bahasa :

INDONESIA ARABIC ENGLISH

Jadwal Shalat Wilayah Jakarta

Judul

RSS Berita Seputar Dunia Islam – EraMuslim

  • Sebuah galat telah terjadi; umpan tersebut kemungkinan sedang anjlok. Coba lagi nanti.

Terima Kasih Untuk:

  • 27,008 Pengunjung Situs Ini

Peta Pengunjung :


%d blogger menyukai ini: